Kurung Cina Taipei, Indonesia Menangkan Leg Satu Play-Off Kualifikasi Piala Asia

By ommed


nusakini.com - Tim nasional Indonesia berhasil memenangkan pertandingan leg pertama babak ketiga play-off kualifikasi Piala Asia atas Cina Taipei dengan skor 2-1, Kamis (7/10) WIB.

Dua gol skuad Garuda berhasil dicetak oleh Ramai Rumakiek (16') dan Evan Dimas (48'), sementara Cina Taipei hanya mampu membalas satu angka lewat Hsu Heng-pin di menit-menit akhir pertandingan.

Pada laga ini pelatih Shin Tae-yong menurunkan skuad terbaiknya, dengan Evan bertugas sebagai motor serangan tim, sementara Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto diduetkan untuk menghalau serangan lawan.


Sementara Cina Taipei, yang mengalami krisis pemain karena mendapatkan sanksi terpaksa memainkan pemain yang tersedia, apalagi pelatih mereka Yen Hsien-chung merupakan karteker dari juru taktik sebelumnya Wang Jiazhong yang dilengserkan dari jabatannya.

Sejak menit pertama Indonesia mampu menguasai jalannya pertandingan. Overlap dari kedua bek sayap Miftah Sani dan Asnawi Mangkualam cukup merepotkan pertahanan Cina Taipei.

Namun, tim tamu malah lebih dulu mengancam gawang Muhammad Riyandi. Saat laga baru berjalan empat menit, Emilio Estevez Tsai mendapatkan bola di dalam kotak penalti, tapi tendangannya masih mampu ditepis oleh sang kiper.

Akhirnya pada menit ke-16 tim Garuda berhasil membuka keunggulan lewat kaki Rumakiek setelah menerima umpan dari Sani, dan tembakannya mampu mengolong penjaga gawang Cina Taipei Shin Shin-An.

Namun sang pencetak gol harus ditarik keluar beberapa menit kemudian karena cedera dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri.

Setelah unggul, Indonesia terus meningkatkan serangan mereka. Tetapi penyelesaian akhir yang buruk membuat tim Garuda gagal menggandakan skor.


Di awal paruh kedua Kushedya Yudo mendapatkan peluang emas, setelah menerima umpan terobos dari Pratama Arhan, namun sayang sepakan kerasnya masih mampu diblok oleh pertahanan Cina Taipei.

Tiga menit berselang, Yudo kembali mengancam. Kali ini dia memberikan umpan terukur kepada Evan yang berada di dalam kotak penalti untuk bisa menambah keunggulan Indonesia.

Pada menit ke-67, Egy mencoba peruntungannya setelah menerima bola liar di sisi kanan kotak penalti. Tendangan kerasnya masih mampu diamankan oleh Shin-An.

Penjaga gawang Cina Taipei itu kembali melakukan penyelamatan gemilang, dengan dia mampu menepis bola dari tembakan Syahrian Abimanyu dari dalam kotak penalti.


Di akhir pertandingan, Indonesia harus kecolongan karena keasyikan menyerang. Heng-pin mampu memanfaatkan umpan dari rekannya di dalam kotak penalti untuk mencuri gol tandang.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia. Leg kedua akan diadakan, Minggu (11/10) WIB. (gi/om)